PENGERTIAN MANAJEMEN


A.    Pengertian Manajemen 
Sebagai perusahaan memeiliki tujuan yang hendak dicapai dalam jangka waktu atau periode tertentu. Penentuan tujuan ini penting sebagai arah atau sasaran perusahaan dalam mencapai tujuan tersebut.
Alat untuk mencapai tujuan perusahaan kita kenal dengan nama manajemen.

Manajemen dan organisasi merupakan dua bagian yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya.
Artinya manajemen merupakan bagian dari organisasi dan organisasi merupakan bagian dari manajemen. Dalam teori disebutkan bahwa manajemen merupakan alat untuk mencapai tujuan tersebut. Jadi kedua bidang ini saling membutuhkan. Dapat di ibaratkan kebutuhan manajemen dan organisasi seperti tubuh manusia dengan darah manusia, jika tidak berfungsi maka yang lain akan mati.

Manajemen dapat diartikan sebagai alat untuk mencapai tujuan melalui orang lain. manajemen juga di artikan sebagai proses dari perencanaan, pengogarnisasian, pelaksanaan, dan pengendalian untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Pengertian lain dari manajemen adalah proses pengelolaan dari suatu kegiatan atau usaha dari awal hingga perusahaan tersebut berjalan dan bangkrut. Jadi dapat disimpulkan bahwa manajemen merupakan alat mencapai suatu tujuan  dengan melalui suatu proses. Proses untuk mencapai tujuan ini kemudian di tuangkan menjadi fungsi manajemen. Adapun fungsi-fungsi yang terdapat dalam manajemen adalah sebagai berikut :

1.      Planning
Planning/perencanaan adalah proses menentukan arah yang akan ditempuh dan kegiatan-kegiatan yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam proses ini ditentukan tentang apa yang harus ditentukan, kapan dikerjakan atau dimulai, bagaimana untuk melakukannya, dengan cara apa hal tersebut dilaksanakan, dan siapa yang akan melakukan hal tersebut. Proses tersebut pada akhirnya akan menghasilkan suatu rencana.

2.      Organizing
Organizing/pengogarnisasian adalah proses pengelompokkan berbagai kegiatan atau pekerjaan unit-unit. Tujuannya adalah supaya tertata dengan jelas antara tugas, wewenang, dan hasil dari pengogarnisasian ini adalah terbentuknya struktur organisasi sesuai dengan rencana yang telah disusun.

3.      Actuating
Actuating/pengarahan adalah proses untuk menjalankan kegiatan atau pekerjaan dalam organisasi. Dalam menjalankan organisasi para pimpinan atau manajer harus menggerakkan bawahannya (para karyawan) untuk mengerjakan pekerjaan yang telah ditentukan dengan cara memimpin, memberi perintah, memberi petunjuk, pelaksanaan pekerjaan dilakukan dengan berpedoman pada rencana yang telah di susun.

4.      Controlling
Controlling/pengawasan adalah proses untuk mengukur atau menilai pelaksanaan tugas apakah telah sesuai dengan rencana. Jika dalam proses tersebut terjadi penyimpangan, maka akan segera dikendalikan sesuai dengan rencana yang telah disusun. Dengan adanya pengendalian diharapkan tujuan dapat dicapai sesuai dengan target yang telah ditetapkan.
Seperti yang sudah dijelaskan diatas untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan diperlukan suatu tempat. Tempat ini penting untuk menentukan siapa saja yang terlibat, apa tugas wewenang dan tanggung jawabnya. Tempat atau wadah ini kita kenal dengan organisasi. Jadi pengertian organisasi adalah tempat atau wadah untuk mencapai tujuan perusahaan atau tempat untuk melakukan kegiatan perusahaan. Organisasi juga di artikan sebagai tempat berkumpulnya dua orang atau lebih yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.
Setiap organisasi harus memiliki struktur yang jelas, struktur organisasi menggambarkan tugas wewenang dan tanggung jawab masing-masing bagian. Pembagian tugas, wewenang dan tanggung jawab yang tergambar dalam struktur organisasi akan mempermudah perushaan melakukan pengendalian. Tujuan organisasi akan memerlukan struktur organisasinya yaitu dengan menentukan seluruh tugas, hubungan antar tugas, batas wewenang dan tanggung jawab untuk menjalankan masing-masing tugas tersebut. Dengan kegiatan-kegiatan itu selanjutnya dapat disusun pola tetap hubungan di antara bidang-bidang keputusan, maupun para pelaksana yang mempunyai kedudukan wewenang dan tanggung jawab tertentu.



0 Comments:

Posting Komentar